TEKNIK MEMBACA

Teknik Membaca

Kecepatan membaca dapat ditingkatkan dengan cara mengetahui dan berlatih dengan teknik membaca yang tepat. Teknik yang akan disampaikan dalam bahan ajar ini adalah membaca sekilas (skimming) dan membaca memindai (scanning), dan SQ3R.

1) Teknik Membaca Sekilas (Skimming)

Teknik ini dilakukan pada saat orang membaca ekstensif. Bila Anda akan mencari sebuah buku di perpustakaan, mengenali isi buku secara cepat dengan cara membuka daftar isi, membaca kata pengantar, atau halaman sampul belakang, Anda hendaknya melakukan skimming.

Dalam menghadapi sebuah bacaan, Anda harus memperlakukannya sesuai dengan maksud Anda. Jika fakta dan detail tidak Anda perlukan, lompati bagian tersebut. Cara membaca yang hanya untuk mendapatkan ide pokok ini disebut skimming.

Skimming bukan sekadar menyapu halaman buku, melainkan suatu keterampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien, untuk mendapatkan berbagai tujuan, misalnya:

(a)   mengenali topik bacaan;

(b)   mengetahui pendapat orang;

(c)    mendapatkan bagian penting yang kita operlukan tanpa membaca seluruhnya;

(d)   mengetahui organisasi tulisan, urutan ide pokok;

(e)   penyegaran.

Langkah-langkah membaca sekilas sebagai berikut.

(a)   Pertanyakan dulu, “Apa yang akan Anda cari dari buku ini?”

(b)   Baca daftar isi atau kata pengantar!

(c)    Telusuri dengan kecepatan pada judul, subjudul, bab, dan anak bab!

(d)   Berhentilah ketika Anda menemukan bagian yang dicari!

(e)   Baca dengan kecepatan normal dan pahami!

2) Teknik Membaca Memindai (Scanning)

Anda tentu pernah mencari nomor telepon di buku “Petunjuk Telepon”? Bagaimana cara Anda? Tentunya, Anda tidak perlu membuka halaman pertama dan seterusnya. Pasti Anda langsung ke inisial nama pemilik telepon, misalnya ma. Mata dan telunjuk Anda bergerak cepat hingga sampai pada Masturi.

Kemudian, Anda mengecek alamat Masturi sesuai dengan informasi yang Anda miliki. Dari situ, Anda dapat menemukan nomor telepon, misalnya 663885.

Kegiatan serupa juga berlaku pada waktu Anda mencari kata dalam kamus, mencari acara siaran TV di koran, lokasi kota dalam atlas, peta, denah, dan sebagainya. Anda hendaknya juga melakukan membaca memindai (scanning). Nah, apa sebenarnya scanning itu dan bagaimana caranya?

Scanning adalah suatu teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain-lain. Jadi, langsung ke masalah yang Anda cari, yakni fakta khusus atau informasi tertentu. Kegiatan ini harus dilakukan secara cepat dan akurat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: